Jalan H. Anwar No. 5 Cikunir Raya
+6221 8243 8354
ykicargo@gmail.com

Istilah-Istilah dalam Jasa Pengiriman Barang Cargo

Jasa Cargo Murah | Ekspedisi Murah Jakarta

Istilah-Istilah dalam Jasa Pengiriman Barang Cargo

pengirimanan-barang-via-fclIstilah-Istilah dalam Jasa Pengiriman Barang Cargo

Jasa pengiriman barang saat ini sudah semakin banyak saja, masing-masing berlomba untuk menawarkan pelayanan terbaik untuk kepuasan client. Pekembangan ke arah lebih baik dan canggih terlihat dari sistem yang digunakan bahkan keberadaan pengununaan jenis moda akomodasi yang semakin beragam turut memberikan banyak pilihan kepada shipper  atau pengirim barang untuk memilih jenis kendaraan yang diinginkan dan dibutuhkan.

Dewasa ini pengiriman barang via container FCL, LCL dan pengiriman via trucking menjadi salah satu jenis layanan pengiriman barang yang populer. Bagi beberapa orang istilah-istilah ini masih terdengar asing sehingga mereka pun tidak bisa merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Oleh karena itu dalam artikel ini akan membahas mengenai istilah dalam pengiriman barang tersebut.  

Pengirimanan barang via FCL

FCL atau Full Container Load merupakan pengiriman barang yang dinyatakan dalam wadah container, dimana konsumen atau pengirim barang akan menggunakan satu container yang diisi penuh dengan barang-barang yang dimiliki oleh satu orang shipper. Intinya FCL merupakan pengiriman barang secara ekslusif,  berapapun banyaknya barang atau beragam jenis barang dalam container selama dipergunakan oleh satu shipper maka jenis pengiriman tersebut merupakan pengiriman FCL.

Container yang digunakan dalam pengiriman barang via FCL sendiri tersedia dalam beberapa jenis dan juga ukuran. Penentuan freight atau rate pada pengiriman barang via FCL didasarkan pada jumlah unit container yang digunakan, ukuran dan juga jenis dari container itu sendiri. Selain itu tujuan pengiriman barang dalam container juga turut mempengruhi besaran rate.

Pengirimanan barang via LCL

LCL atau Less Container Load merupakan pengiriman barang yang dinyatakan dalam wadah container, dimana dalam satu wadah container tersebut diisi oleh barang-barang yang merupakan penggabungan dari beberapa shipper atau pengirim barang. Pemilik barang mengumpulkan barang-barang yang akan dikirimnya kepada konsolidator, yang kemudian barang tersebut akan digabungkan dengan barang dari pemilik barang lainnya sehingga jumlah dari barang tersebut dapat memenuhi kuota yang memungkinkannya untuk bisa dimuat dalam satu container dengan tujuan untuk pengiriman ke negara tujuan atau pengiriman antar pulau.

Biasanya seluruh barang dikumpulkan terlebih dahulu di gudang konsolidator sebelum di masukkan kedalam satu container oleh konsolidator yang kemudian akan dikirim melalui pelabuhan transit, pengiriman barang via laut dan dilanjutkan ke tempat tujuan. Berbeda dengan rate atau freight pada pengiriman barang via FCL yang menjadikan jenis dan ukuran container sebagai salah satu faktor yang turut menentukan besaran rate, rate atau freight pada pengiriman barang via pakai LCL didasarkan pada tujuan barang yang akan dikirim dan juga berat atau volume kubikasinya. Hal ini juga berlaku pada airfreight, dimana berat atau volume kubikasi turut menentukan besaran rate.

Pengirimanan barang via trucking

Selain pengiriman via container FCL dan LCL, jasa layanan pengiriman lainnya yang tidak kalah populer adalah via trucking. Pengiriman barang melalui trucking sendiri adalah proses pengiriman via darat dengan menggunakan akomoda truck untuk mengangkut barang-barang tersebut dan mengantarkannya sampai ke tujuan.

Secara umum pengiriman barang via container FCL. LCL maupun via trucking, menjadikan proses distribusi menjadi lebih praktis dan juga lebih cepat, itulah sebabnya kenapa sistem pengiriman ini begitu populer dikalangan masyarakat Anda dapat memilih jenis layanan pengiriman barang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Demikianlah beberapa istilah yang terdapat dalam pengiriman barang, semoga dapat bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *