Jalan H. Anwar No. 5 Cikunir Raya
+6221 8243 8354
ykicargo@gmail.com

Menggunakan Jasa Pengiriman Cargo Via FCL,LCL Dan Trucking

Jasa Cargo Murah | Ekspedisi Murah Jakarta

Menggunakan Jasa Pengiriman Cargo Via FCL,LCL Dan Trucking

 pengiriman barang via FCL dan LCLMenggunakan Jasa Pengiriman Cargo Via FCL,LCL Dan Trucking

Adanya aktivitas kirim mengirim barang membuat pengiriman barang selalu ada dan juga bahkan meningkat. Pengiriman barang tersebut juga dikenal dengan istilah-istilah seperti kargo, ekspedisi, hingga menggunakan via trucking, FLC dan juga LCL. Semua itu tergantung dari kebutuhan dan juga jarak pengirimannya, bisa lokal maupun internasional. Begitu juga dengan banyaknya barang yang akan dikirim, dari skala kecil, menengah, hingga skala besar.

Jasa pengiriman barang via FCL dan LCL

Full container load merupakan istilah dari singkatan FCL yang mengirim barang dengan cara mem-booking seluruh kontainer untuk di isi hanya oleh satu pengirim. Dengan kata lain, si pengirim menyewa satu penuh kontainer untuk di isi oleh barang miliknya tanpa adanya barang milik pengirim lain.

Sedangkan Less container load sebaliknya, yaitu pengirim tidak menyewa satu kontainer penuh. Melainkan dihitung per kubik dari tempat yang digunakan oleh barang tersebut. Tidak heran jika menggunakan LCL, maka akan terdapat beberapa barang lainnya dalam satu kontainer penuh tersebut alias tergabung.

Penggunaan jasa pengiriman barang tergantung dari popularitas dari jasa pengiriman barang. Tentunya, jasa pengiriman murah akan lebih banyak diminati, terlebih jika memiliki kualitas pengiriman yang juga baik dan terpercaya sehingga tidak akan mengecewakan atau bahkan kehilangan barang sebelum sampai ke tangan si penerima. Secara umum, menggunakan jasa FCL ataupun LCL digunakan oleh perusahaan yang mengirim atau melakukan pengiriman dengan skala yang besar.

Jasa pengiriman barang lainnya yaitu dengan menggunakan atau via trucking. Namun, meskipun via trucking dapat digunakan untuk barang dalam skala besar. Namun hanya dapat dilakukan di jalur darat. Dengan kata lain, dilakukan secara domestik. Adapun pengirimannya hanya dapat dilakukan jika barang memenuhi syarat pengiriman, yaitu harus minimal sepuluh kilogram beratnya. Sehingga jika kurang dari sepuluh kilogram, maka barang tidak akan diterima.

Akan tetapi, menggunakan jasa pengiriman barang via trucking terbilang aman daripada pengiriman dengan menggunakan paket biasa. Meskipun begitu, selalu ada konsekuensi ataupun resiko saat menggunakan jas apelayanan barang tersebut. Khususnya pada pengiriman barang LCL dapat saja beresiko tercampurnya barang yang akan menimbulkan kerusakan saat di perjalanan. Atau bahkan juga beresiko tertukarnya barang.

Meskipun begitu, menggunakan LCL tentunya tidak semahal menggunakan FCL yang harus mem-booking atau menyewa seluruh kontainer untuk hanya di isi oleh barang milik satu pengirim saja. Selain itu juga, terlebih jika barang yang dikirim tidak terlalu banyak, alias masih muat beberapa barang lainnya. Maka lebih baik daripada menghabiskan uang.

Oleh karena itu, menggunakan jasa pengiriman barang juga harus dilakukan dengan teliti karena harus ada keyakinan dan juga kepercayaan bahwa pengiriman akan dilakukan dengan kualitas dan juga profesionalitas dari pihak jasa pengirim barang. Mengapa demikian, karena kesalahan atau tertukarnya barang yang akan dikirim dengan barang lainnya tentu akan sangat fatal dan juga sangat merugikan.

Semua dari cara-cara pengiriman barang tersebut, tentunya harus dilakukan dengan sesuai kebutuhan si pengirim. Maka dari itu, jika membutuhkan pengiriman yang cepat tanpa adanya keterlambatan dan juga rentan kerusakan pada barangnya. FCL merupakan solusi yang tepat. Sedangkan jika barang yang dikirim tidka terlalu banyak dan juga memiliki kondisi yang kuat, maka menggunakan LCL tidak ada salahnya. Asalkan memberikan tanda atau ciri khusus agar nantinya barang tidak tertukar dengan barang lainnya saat proses pengiriman. Itulah tentang pengiriman via container FCL maupun LCL dan pengiriman via trucking.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *