Jalan H. Anwar No. 5 Cikunir Raya
+6221 8243 8354
ykicargo@gmail.com

Pengertian Pengiriman Barang Melalui Jasa Cargo

Jasa Cargo Murah | Ekspedisi Murah Jakarta

Pengertian Pengiriman Barang Melalui Jasa Cargo

container-cargoPengertian Pengiriman Barang Melalui Jasa Cargo

Pengiriman barang pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, dikarenakan jika tidak ada kirim mengirim barang antar suatu wilayah, maka akan terjadi ketimpangan kebutuhan di suatu daerah. Tentu saja pengiriman barang juga menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah negara, karena pengiriman barang merupakan salah satu cara untuk menjual hasil produk dalam negeri ke luar negeri, dan tentu saja hal ini membuat makmur suatu negara.

Apa Itu Kargo ?

Kargo atau bahasa asingnya disebut cargo, merupakan salah satu istilah dalam kosa kata transporatasi yang mengacu kepada freight, dan berarti barang atau produk yang ditransportasikan. Umumnya kargo berisikan produk untuk kepentingan komersial, yang diantar melalui transportasi laut atau udara. Barang yang dikirim pun bisa beragam, dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan ataupun barang pelengkap lainnya.

Saat ini kargo sendiri sering diartikan dengan barang yang dikirim melalui pengiriman via darat, seperti mobil bak terbuka, kereta, van, ataupun truk.

Jenis Tipe Transportasi

1. Transportasi Laut

Tentunya sudah pada tahu, jika pengiriman via laut biasanya menggunakan kapal laut, dan pelabuhan menjadi pusat sentral berkumpulnya kapal-kapal, namun ternyata banyak jenis pengiriman barang yang ada pada transportasi laut, diantaranya adalah :

a. Break bulk cargo

Merupakan kargo yang terdiri dari material tertentu yang ditumpuk dalam alas pallet, dan dipindahkan dengan menggunakan kendaraan yang dinamakan cranes. Cranes sendiri bisa berada dalam kapal, ataupun diluar kapal.

b. Bulk cargo

Bulk cargo biasanya adalah kargo yang tidak dapat dimasukan ke dalam kontainer ataupun tidak dapat diberi pallet. Bulk cargo sendiri berbeda dengan cargo lainnya karena tidak ditangani secara satuan, contohnya adalah kayu log, alumina, dan gypsum

c. Neo Bulk cargo

Berbeda dengan bulk cargo yang tidak dihitung secara satuan, neo bulk cargo mengacu pada unit satuan yang dihitung saat barang tersebut akan dimuat ataupun dibongkar. Hal yang mirip dengan bulk cargo adalah pada neo bulk cargo juga barang-barangnya tidak dapat dimasukan kedalam container

d. Containers

Containers atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut container adalah jenis kargo yang paling disarankan untuk digunakan dalam pengiriman barang di seluruh dunia. Kargo yang diangkut biasanya bermacam-macam barang, mulai dari bahan makanan seperti daging beku, dan hasil laut, komponen industri seperti mesin dan auto parts, hingga pakaian.

e. Project cargo

Merupakan kargo yang berisikan angkutan berat yang terlalu besar dan berat untuk dimasukan ke dalam container, seperti AC ukuran raksasa, komponen pabrik, generator, peralatan militer, dan alat pekerjaan berat.

2. Transportasi Udara

Pengiriman via udara sendiri biasanya dilakukan lewat pesawat komersil, atau lebih banyak yang menyebutnya dengan kargo udara, atau air freight. Kargo udara sendiri adalah mengirimkan barang yang sudah dikumpulkan oleh perusahaan pengirimin, yang kemudian dikirim melalui pesawat.

Pengiriman via udara sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1911, hingga saat ini, sudah banyak model pesawat yang digunakan. Pada era sekarang ini, untuk mengangkut kargo sendiri dibutuhkan pesawat yang berukuran besar, seperti boeing 747 atau An-124. Bahkan sejumlah pesawat dilengkapi dengan quick loading containers yang dikenal sebagai unit load devices, untuk mempercepat bongkar muat kargo.

3.Transportasi Darat

Pengiriman via darat, sangat banyak jenisnya, mulai dari kereta api hingga truk, tetapi tentu saja pengiriman via darat lebih lama dibanding dengan dua model transportasi lain, karena memiliki hambatan yang lebih banyak.

Tentu saja dari ketiga media pengiriman tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, untuk itu disarankan untuk memilih dengan baik dan mencermati benar-benar faktor-faktor yang ada dalam pengirman barang.

 

One Response

  1. Rahmadi says:

    Saya mau kirim daging beku ke kalteng pangkalan bun bisa tidak ya.jumlah masih kecil 500 kgs. Tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *