Jalan H. Anwar No. 5 Cikunir Raya
+6221 8243 8354
ykicargo@gmail.com

Pengiriman Barang Cargo Dengan Container

Jasa Cargo Murah | Ekspedisi Murah Jakarta

Pengiriman Barang Cargo Dengan Container

Pengiriman Barang Cargo Dengan Container

Pengiriman Barang Cargo Dengan Container

Pengiriman Barang Cargo Dengan Container

Pengiriman via darat dapat dilakukan dengan berbagai jenis transportasi, seperti mobil, truk, kereta, dan container. Banyak jasa pengiriman murah yang menggunakan media container untuk melakukan pengiriman barang.

Pengiriman Barang dengan Container FCL

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh pengirim barang jika menggunakan jasa ekspedisi murah melalui container FCL. Maksudnya FCL adalah Full Container Load yang berarti menggunakan satu buah container oleh satu orang pengirim barang. Sehingga, pengiriman barang oleh seorang pengirim selain mendapatkan biaya ekspedisi murah, juga dapat menggunakan pelayanan container ini untuk kepentingan pengirimannya saja.

Pengirim barang dapat mengirimkan jenis barang tertentu dalam jumlah besar dan tentunya jika karena alamat tujuannya hanya satu saja, tidak bergantung dengan pengiriman cargo barang orang lain, dan tidak perlu menunggu waktu transit barang lain ataupun pengisian paket atau loading barang dari pengirim lainnya untuk memenuhi kapasitas container untuk dikirim.

Pengiriman Barang dengan Container LCL

LCL maksudnya Less Container Load yang berarti penggunaan pelayanan pengiriman barang oleh satu orang pengirim akan lebih sedikit, karena bukan hanya pengirim tersebut yang menggunakan jasa pengiriman murah dengan container tersebut. Pengirim barang-barang tersebut lebih dari satu orang karena jika hanya memuat barang pengirim tersebut, kapasitas container masih muat untuk paket dari pengirim lainnya, dan akan kurang jika menggunakan FCL. Hal ini akan menambah biaya ekspedisi dengan FCL.

Kelebihan penggunaan container FCL dalam mengirimkan barang adalah pengirim dapat mengirimkan paket dalam jumlah kecil tanpa mengeluarkan biaya lebih dengan penggunaan container FCL. Namun karena barang yang dikirimkan bukan ditujukan pada satu alamat saja, maka memakan waktu transit lebih lama daripada pengiriman via darat menggunakan container FCL.

Hal ini disebabkan waktu loading barang dan jadwal pengiriman harus menyesuaikan pengiriman barang oleh pengirim lainnya. Selain itu, dalam pengiriman dengan container LCL, biaya pengiriman dihitung berdasarkan volume barang per kubik, sehingga jika mengirim untuk skala besar akan lebih hemat jika menggunakan container FCL. Namun dengan perhitungan demikian, perusahaan jasa ekspedisi murah tidak mempertimbangkan jumlah berat barang yang akan dikirim.

Pengiriman paket dengan container ini juga dapat dilakukan dengan pengiriman via laut maupun pengiriman via udara. Biasanya melalui jalur ini pengirim barang hendak mengirim ke tujuan luar negeri. Dalam hal ini, pengiriman barang lintas negara diminati dengan container LCL karena selain harganya yang lebih murah, keamanannya lebih terjamin untuk sampai ke alamat tujuan.

Untuk sampai ke alamat yang dituju dapat melalui beberapa mekanisme collecting barang, antara lain door to door maupun port to port. Mekanisme door to door ialah pengiriman paket yang diantar ke tempat tujuan atau ke rumah tujuannya langsung, sedangkan mekanisme port to port ialah pengiriman paket yang mengantarkan barang hanya sampai pelabuhan terdekat, dan barang tersebut harus diambil sendiri oleh penerima barang ke pelabuhan.

Dalam pengiriman barang cargo, sebaiknya pengirim melakukan packing sendiri agar menyesuaikan dengan jenis barang yang dikirim, dokumen pengiriman terutama untuk pengiriman lintas negara sebaiknya menghubungi jasa ekspedisi terlebih dahulu mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengirim paket.

Selain itu perlu dikoordinasikan dengan penerima barang untuk memperhatikan biaya pengiriman dan pajak pengiriman. Biasanya untuk jasa ekspedisi tertentu menggunakan biaya bongkar, biaya kirim ke rumah, untuk pengiriman barang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *