Jalan H. Anwar No. 5 Cikunir Raya
+6221 8243 8354
ykicargo@gmail.com

Perhatikan Hal Penting Ini Ketika Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Jasa Cargo Murah | Ekspedisi Murah Jakarta

Perhatikan Hal Penting Ini Ketika Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

jasa-pengiriman-barangPerhatikan Hal Penting Ini Ketika Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang memang sangat membantu Anda untuk mengirimkan barang. Tetapi, sebelumnya Anda harus tahu metode apa yang digunakan oleh pihak penyedia jasa tersebut. Apakah pengiriman dilakukan melalui udara atau laut. Anda harus memastikan bahwa metode pengiriman yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada umumnya pengiriman barang melalui udara menghabiskan biaya yang lebih mahal daripada melalui jalur laut. Jika Anda mengirimkan barang melalui jalur laut, maka Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut melakukan pengiriman barang menggunakan kargo atau container.

Metode Pengiriman Menggunakan LCL

Jika barang yang dikirim tidak terlalu banyak, maka pihak perusahaan akan mengirim barang melalui container LCL. Mungkin Anda belum mengerti apa yang dimaksud dengan LCL. Container LCL adalah cara pengiriman barang menuju ke antar pulau  tetapi barang-barang yang dikirimkan tidak sampai memenuhi satu container.

Selain metode LCL, ada juga metode FCL. FCL atau Full Container Loading adalah barang yang Anda kirim dimasukkan dalam satu container yang penuh. Metode FCL digunakan untuk berbagai jenis barang seperti hasil pertanian, besi, dan lain sebagainya. Ada banyak jasa pengiriman murah dengan metode LCL.

Tips Mengirim Barang Melalui Laut

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengirim barang melalui jalur laut dengan menggunakan container atau kargo berikut ini:

  • Anda perlu mencari informasi tentang cara pengumpulan barang dari perusahaan. Terdapat berbagai cara mengumpulkan barang yang digunakan oleh pihak pengiriman barang. Cara pengumpulan barang bisa dilakukan dengan port to port atau door to door. Cara door to door adalah barang yang dikirimkan ke luar negeri akan diantar langsung sampai ke rumah tujuan. Sedangkan cara port to port adalah barang yang Anda kirim akan dikirim sampai ke pelabuhan saja, jadi penerima barang harus pergi ke pelabuhan untuk mengambil barang tersebut.

  • Pilihlah jasa pengiriman yang sesuai dengan keperluan Anda. Pengiriman door to door menghabiskan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode lainnya.

  • Hitung perkiraan pajak dan biaya pengiriman yang harus Anda bayarkan.

  • Jika Anda memilih mengirim barang menggunakan cargo, maka Anda harus menanyakan rincian biaya yang harus dibayar karena ada banyak biaya yang akan Anda bayarkan seperti biaya pengiriman ke rumah, biaya untuk membongkar kargo, dan masih banyak lagi.

  • Anda harus melakukan koordinasi dengan pihak penerima barang tentang semua biaya tersebut dan biaya pajak juga harus Anda bicarakan.

  • Jangan biarkan Anda dan pihak penerima barang justru tertipu dengan banyaknya biaya yang banyak dan rincian biayanya ternyata tidak jelas.

  • Lakukan pengemasan dengan tepat.

  • Jangan sampai barang yang Anda kirimkan rusak karena kesalahan Anda dalam mengemas barang-barang tersebut.

  • Lakukan pengemasan berdasarkan jenis barang yang akan Anda kirimkan. Pengemasan harus aman dan Anda memerlukan bubbles wrap untuk barang pecah belah.

  • Jangan lupa untuk meneliti dokumen pengiriman barang karena pengiriman barang ke luar negeri memerlukan banyak dokumen yang lebih rumit dibandingkan hanya mengirim di negara sendiri. Hubungi jasa pengiriman dan pastikan apakah semua dokumen sudah diatasi dengan benar dan lengkap.

  • Ketika mengisi formulir pengiriman, Anda harus memberikan informasi yang sangat lengkap tentang jenis barang, jumlah, alamat penerima, nomor yang dapat dihubungi, dan lain sebagainya.

  • Anda juga harus memiliki nomor kontak dari jasa pengiriman tersebut yang berada di luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *